Di dalam sejarah dunia pendidikan guru
merupakan sosok figur teladan bagi siswa/i yang harus memiliki strategi dan
teknik-teknik dalam mengajar. Kegiatan belajar mengajar sebagai sistem
intruksional merupakan interaksi antara siswa dengan komponen-komponen lainnya,
dan guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran agar lebih aktif dan efektif
secara optimal. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah menguasai
teknik-teknik penyajian, atau biasanya di sebut metode mengajar. Teknik penyajian
pelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara mengajar yang dipergunakan oleh
guru atau insturktur kepada siswa di dalam kelas agar pelajaran itu dapat
ditangkap, dipahami dan digunakan siswa dengan baik. Di dalam kenyatan cara
atau metode mengajar atau teknik penyajian yang digunakan guru untuk
menyampaikan informasi atau message lisan kepada siswa, berbeda dengan cara
yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, keterampilan
serta sikap. Maka, yang disebut dengan strategi belajar mengajar ialah
memikirkan dan mengupayakan konsistansi aspek-aspek komponen pembentuk kegiatan
sistem intruksional dengan siasat tertentu. Strategi Belajar Mengajar adalah
pola-pola umum kegiatan guru – anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar
mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dengan mempelajari Strategi Belajar
Mengajar berarti setiap guru mulai memasuki suatu kegiatan yg bernilai
edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dgn ank
didik. Interaksi yg bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar
yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan
sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan
pengajaran secara sistematis dgn memanfaatkan segala sesuatu guna kepentingan
pembelajaran.
Strategi pembelajaran merupaakan salah
satu komponen yang penting dari system pengajaran. Meskipun tujuan telah
dirumuskan dengan baik materi yang dipilih sudah tepat, tetapi jika strategi
pembelajaran yang dipergunakan kurang memadai, mungkin tujuan yang diharapkan
tidak tercapai, atau mungkin tujuan tercapai dengan susah payah. Dengan
demikian strategi pembelajaran adalah kegiatan guru dalam proses pembelajaran
yang dapat memberikan kemudahan atau fasilitas kepada siswa agar dapat mencapai
tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.
Strategi belajar mengajar merupakan proses belajar mengajar agar tercapainya tujuan pengajaran yang efektif, efisien dan ekonomis serta dapat meningkatkan keterlibatan siswa baik secara intelektuan maupun fisik. Dalam proses pembelajaran guru harus banyak memiliki strategis dan pembaaruan-pembaharuan dalam proses belajar mengajar sehingga membuat suasana kelas menjadi interaktif dan strategi pembelajaran juga menyangkut materi-materi yang ada dalam pengajaran. Sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai.
0 komentar:
Posting Komentar